it's muggle mumble story

it's muggle mumble story

Sabtu, 09 Agustus 2014

WHO CARE?






Pernah ngehindarin orang yang kita kenal karena males senyum ama mereka?
Pernah gak peduli sama orang yang lebih tua/lebih berhak buat duduk di kursi saat di transportasi umum?
Pernah berpikir “lo siapa gw emangnya?”/”apa urusan gw sama lo?”

Oke sekarang kita balik keadaannya..

Pernah ngerasa malu gak karena kita udah ngeliat orang yang kita kenal liat dari jauh eh tapi mendadak melengos , gak natep kita? Apa perasaan kita?
Pernah gak ngerasa capek banget ketika pulang kerja/kuliah/sekolah trus gak ada angkot lewat dan kita harus berdiri berjam-jam buat nunggu ?
Pernah gak ngerasa kesesat, gak ada pulsa, hape lowbat, uang gak bawa, dan butuh bantuan? Tapi kita itu orang asing di tempat itu?


Naaaaah! 
Kadang kita suka banget ya , lebih memikirkan diri sendiri dibanding orang lain. Tapi gw gak egois kok, gw kan juga punya hak. Yap! Manusia selalu punya ‘perspektif kebenaran’ di setiap hal yang dianggap gak bener dari dirinya. Ngerasa gak sih kalau ngakuin kesalahan itu lebih sulit dibanding melakukannya?
Kalau bicara tentang kepedulian, gw juga gak bisa ngecap diri gw sendiri sebagai orang yang peduli siiih, masih ada rasa batasan-batasan dimana gw berpikir kalo gw terlalu peduli gw bisa ‘nyelakain’ diri gw sendiri. 
But wait, I just want to share how care I am in my perspective.
Gw pernah punya mimpi buat ngebantu kayak bunda  Theresa, bener-bener sepenuhnya hidup buat orang lain. Tapi kenyataannya sulit banget lho buat memulainya. Selama ini kan gw mengimpi-impikan buat jadi Menteri Lingkungan Hidup gitu yah *ehemehem* dan pengen gw tunjukin dengan kepedulian gw dengan tekad “GW BAKAL MUNGUT SAMPAH YANG ADA DI SEKITAR GW , DIMANA PUN GW BERADA”  *kece nan berat banget ya tekad gw -..-*
The result : I do nothing kalau ada sampah di jalanan, meski kalo ada di sebuah ruangan gw masih mau mungut , itu juga gak sering-sering amat lhooo.

Nah tapi makin hari gw makin belajar *ceilaah* bahwa kepedulian itu bisa di mulai dari hal-hal kecil. Gw tekenin ya DI MULAI dari hal-hal kecil.
 Jadi bukan hal kecilnya yang penting tapi, GIMANA KITA MEMULAINYA itu lebih penting bagi gw.
Nah hal kecil yang berhasil gw mulai adalah peduli sama dengan keluarga gw *blush*
Selama gw liburan (walaupun cuman 1 hari atau hari minggu doang) gw berusaha untuk bersih-bersih rumah.
Sebagai keluarga yang gak pake jasa asisten rumah tangga , segala sesuatu tentang kebersihan dan kenyamanan di rumah ya tergantung sama kita berlima, sebagai anggota keluarga.
Nah, kakak dan adek gw itu cowok yang emang kodratnya agak susah ya ngelakuin pekerjaan bersih-bersih, jadi gw sebagai the one and only beatiful little girl in my family *kiwkiw* jadi gw harusnya yang megang peranan sebagai asisten nyokap buat bantu-bantu.
Awalnya ini bakal jadi hal yang agak berat. Kenapa gitu? Karena gw rasa ngurusin rumah aja yah gak ada beresnya! Hahaha nyapu à ngepel à masak à nyuci à nyetrika à siram-siram à tepar .
Sepanjang hari tuh kayak adaaaaa aja kerjaannya.

Well, gw gak nyerah, gw selalu kepikiran “ini toh yang nyokap gw rasain selama 20 tahun jadi Ibu Rumah Tangga”. *OST Bunda – Melly Goeslaw* . Meski gw bukan anak penurut *baca: bandel banget alias  suka ngebantah* peduli sama keluarga, ibu-bapak-kakak-adik , itu adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi gw.

Gak cuman keluarga, gw juga belajar buat peduli sama temen-temen gw, jadi pelayan di gereja gw, dan gw juga belajar buat toleransi sama semua orang yang gw temuin. Sulit? YA IYALAH KELES. But, keep in your mind that at least you STARTED SOMETHING GUYS, one step it’s mean a lot to get our finish line.

Gw mau share sebuah cerita dari seorang temen gw.
Sebut saja di Anggrek *daripada mawar , udah mainstream*. Anggrek mengalami sebuah ujian yakni sebuah sakit yang harus membawanya untuk dioperasi dan dirawat selama beberapa hari di rumah sakit. Nah selama di rumah sakit itu, Anggrek berada satu ruangan dengan seorang ibu yang baru melahirkan bayinya. Sayang, ternyata ibu itu masih berada di rumah sakit karena gak bisa membayar biaya persalinan yang telah ‘didiskon’ oleh pihak rumah sakit. Bayinya tidak dapat dibawa pulang sementara sang ibu dan ayah dapat pulang untuk mengusahakan biaya yang dibebankan. Biaya itu sebesar 8 juta. Suami ibu tersebut bekerja dengan gaji yang tidak besar, butuh waktu lama untuk mencapai angka 8 juta. Keluarga mereka maupun kerabat tak ada yang mampu membantu. Anggrek yang mengetahui hal ini pun langsung menyebarkan Broadcast Message via BBM tentang hal ini. Anggrek meminta siapapun yang ingin membantu , dapat menghubunginya lewat BBM untuk mentransfer uang ke rekeningnya. The Result : TUJUH JUTA SERATUS LIMA PULUH RIBU RUPIAH terkumpul dalam waktu SATU HARI.
Shocked? So do I. Bukan angka yang didapatkan dalam waktu yang amat singkat yang buat gw kagum, tapi betapa sederhananya apa yang dilakukan Anggrek terhadap ibu itu.

The power of God and also the power of BBM is nothing if we careless about things around us.

Jadi, jangan banyak alasan yaaa buat mulai sesuatu. Ini juga sebuah peringatan buat diri gw sendiri. Kadang mau mandi aja banyaaaaaaaaak banget alasan kita buat mandi sesore mungkin atau malah gak mandi, nah untuk yang ini berarti kita belajar buat peduli sama diri sendiri.
Semoga bisa menginspirasi temen-temen ya .
Happy caring each others J.

 source image : google.com


1 komentar :

Vanisa Desfriani mengatakan...

pernaah. huhu
dalem banget postingannya :)